Tips Mengoleksi Karya Seni Untuk Pemula

Karya seni merupakan ciptaan artistik atau benda estetik. Walau begitu, karya seni mungkin juga digunakan untuk menyebut karya apa pun yang dianggap berseni dalam artian paling luasnya.

Sehingga, karya seni juga melingkupu karya – karya sastra dan musik. Namun dalam hal ini, secara prinsipil istilah karya seni terpaut pada bentuk seni rupa yang memiliki beberapa wujud, yaitu:

  • Karya seni murni seperti lukisan dan patung
  • Benda yang dirancang secara khusus untuk kepentingan estetika, seperti perhiasan
  • Benda yang dirancang baik untuk kepentingan estetika maupun kegunaannya, seperti desain interior dan banyak kesenian rakyat
  • Benda yang diciptakan utamanya atau sebagiannya untuk kebergunaan, keagamaan, atau alasan-alasan non-estetika lainnya yang kemudian dihargai sebagai karya seni (sering kali diperlakukan demikian pada masa selanjutnya, atau oleh orang-orang dari kebudayaan luar)
  • Karya fotografi, film atau pemrograman komputer visual yang lebih kekal, seperti permainan video dan animasi komputer
  • Karya seni instalasi dan desain bentang alam

Penggunaan lebih luas, tetapi jarang digunakan dalam bidang:

  • Karya murni dari arsitektur dan desain bentang alam
  • Penyelenggaraan pertunjukan langsung, seperti teater, balet, opera, pertunjukan seni, konser musik dan bentuk-bentuk lain dari seni pertunjukan, serta karya-karya yang bertahan pada waktu yang pendek dan tidak berwujud.

Pada dasarnya semua orang pasti menyukai seni. Namun, selera masing – masing orang biasanya berbeda.

Ada orang yang lebih suka menikmati karya lukis, ada juga yang lebih suka menikmati karya tiga dimensi atau berbentuk produk.

Ada pula orang yang lebih suka seni yang membawa keberuntungan agar ia bisa sering menang dalam permainan judi poker online terpercaya dan cepat mendapatkan kekayaan.

Seni dipercaya bisa meningkatkan daya jual dan juga daya tarik bagi yang melihatnya. Menurut Artner dan Paddle8, yang keduanya merupakan galeri online, ketertarikan orang terhadap karya seni juga semakin meningkat sejak adanya Art Basel.

Akses internet juga semakin memudahkan penikmat seni untuk membeli karya yang mereka inginkan dan secara tidak langsung membuat kita mengoleksi satu per satu barang yang kita sukai.

Beberapa dari kalian yang baru mau memulai mengoleksi karya seni mungkin akan bertanya – tanya bagaimana sih cara mengoleksi karya seni?

Nah, di bawah ini kami akan berikan tips bagaimana cara mengoleksi karya seni untuk pemula. Yuk simak di bawah.

1.Sering – Sering Datang ke Acara Seni dan Riset

Sering – Sering Datang ke Acara Seni dan Riset

Semakin banyak kalian melihat sebuah karya seni, semakin beragam pula pengetahuan serta wawasan kalian.

Sehingga kalian punya banyak referensi untuk memilih karya seni. Untuk melihat karya seni, kalian bisa datang ke acara pameran atau bisa juga melalui acara art market di mana kalian bisa menemukan banyak karya seni dan produk turunannya.

Butuh cukup banyak waktu bagi seseorang untuk mencari tahu apa yang harus ia beli. Jadi, sebelum membeli pastikan kalian juga tahu karya yang akan kalian beli tersebut mau diletakkan di mana, atau fungsinya apa.

Dengan begitu, kalian akan lebih tahu jenis karya serta ilustrasi seperti apa yang kalian inginkan untuk kalian beli dan kalian pajang.

2.Kualitas dan Tidak Harus Original

Kualitas dan Tidak Harus Original

Memang, terkadang manusia mengukur koleksi dari kuantitas yang mereka miliki, bukan kualitas. Padahal, belum tentu apa yang kita beli itu kita sukai.

Terkadang, kita hanya ikut – ikutan teman kita saja. Padahal, seharusnya tidak seperti itu. Kalian harus fokus pada karya seni yang memang benar – benar pas di hati kalian.

Art is a purchase of life. Ada baiknya kalian mengoleksi karya seni yang memang bermakna untuk kalian. Bukan menjadi impulsif dan hanya asal koleksi saja.

Karya seni, baik itu ilustrasi maupun lukisan, pasti memiliki harga yang lebih mahal jika itu merupakan karya asli.

Karena itulah, tak ada salahnya kalian membeli versi print art nya yang memiliki harga jauh lebih terjangkau.

Versi print art juga ada bermacam – macam, baik dalam bentuk cetak manual seperti sablin, linocut, woodcut, maupun cetak digital. Semuanya kembali lagi ke selera masing – masing.

Nah, itulah beberapa tips mengoleksi karya seni yang harus kalian tahu sebagai pemula. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian.

Tips Mengoleksi Karya Seni Untuk Pemula