Yuk Ketahui Lebih Dalam Mengenai Seni Sastra!

Sastra merupakan bentuk tiruan dari kehidupan yang menggambarkan serta membahas kehidupan dan juga segala macam pikiran manusia.

Lingkup sastra adalah masalah manusia, kehidupan dengan segala perasaan, pikiran, dan pandangan  hidupnya.  

Sebagai salah satu bagian dari sastra, sastra anak atau cerita anak adalah kisahan nyata atau rekaan dalam bentuk prosa atau puisi yang bertujuan menghibur atau memberikan informasi kepada pendengar atau pembacanya dalam kalangan anak-anak.

Jadi, seperti halnya bacaan dewasa, bacaan anak-anak juga merupakan sebuah hasil cipta sastra. Namun, selama ini sastra anak masih dianggap sebagai ”anak sastra” karena  untuk menciptakan sastra anak dianggap tidak sesulit mencipta sastra untuk orang dewasa.

Oleh karena itu, minat orang dewasa terhadap sastra anak tidak terlalu besar dibandingkan terhadap sastra orang dewasa, padahal sastra anak tidak kalah kompleks dengan sastra untuk orang dewasa dan tidak semudah yang dipikirkan orang dewasa.

Sastra anak tidak kalah pentingnya dengan sastra dewasa karena salah satu fungsi dari sastra anak adalah untuk mengembangkan kepribadian  anak.

Sastra atau kesustraan ini adalah salah satu bentuk seni yang menampilkan mengenai keindahan tutur kata dan juga cerita.

Dengan berdasarkan definisi yang tertulis di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahwa Seni sastra ini didefinisikan menjadi 3 point,diantaranya sebagai berikut :

  • Seni Sastra: Seni sastra ini berasal dari 2 kata yaitu seni dan sastra. Seni merupakan suatu ungkapan perasaan manusia yang memiliki nilai keindahan. Sedangkan untuk sastra merupakan kata serapan yang berasal dari Bahas Sanksekerta yang memiliki arti panduan, pedoman atau pun juga perintah di dalam bentuk teks atau juga suara. Jadi bisa atau dapat disimpulkan bahwa, seni sastra tersebut ialah suatu tulisan atau juga cerita yang berasal dari ungkapan perasaan manusia yang memiliki nilai keindahan.
  • Seni Sastra atau Kesusastraan: Seni sastra atau pun juga kesusastraan ini merupakan sesuau yang berbentuk tulisan ataupun juga cerita yang memiliki nilai seni dan juga budaya yang menampilkan atau menunjukan keindahan tutur serta juga bahasa di dalam menyampaikan makna tertentu.
  • Sastra: Sastra ini merupakan bahasa yang dipakai di dalam kitab-kitab serta bukan merupakan bahasa sehari-hari. Selanjutnya sastra tersebut juga bisa atau dapat juga diartikan sebagai karya tulis yang jikadibandingkan dengan tulisan lain itu memiliki berbagai ciri keunggulan, seperti misalnya keartistikan, keaslian, serta keindahan di dalam isi ataupun juga ungkapannya.

Fungsi Seni Sastra

Fungsi Seni Sastra
  • Menyampaikan Pesan Moral: Di dalam suatu karya sastra ini terselip pesan moral dibeberapa bagian seperti pada awal, tengah atau pun akhir karya. Pesan moral tersebut ada yang penyampaiannnya dengan secara langsung serta ada juga yang dengan secara sembunyi-sembunyi. Tujuannya ialah supaya pembaca atau juga penikmat karya sastra itu mempunyai pandangan atau akan bertindak serta juga perilakukan seperti ajakan dari pembuat karya sastra.
  • Menyampaikan Kritik: Terdapat juga karya sastra yang memangdibuat sengaja guna menyampaikan kritik yang sifatnya itu kritik sosial, ekonomi, politik serta juga lain sebagainya. Hal ini kemudian memiliki tujuan supaya penikmat sastra tersebut ada kesadaran mengenai kritik tersebut serta menindaklanjuti.
  • Menjadikan Rasa Nasionalisme Bangkit: Sastra tersebut membangun rasa nasionalisme dengan melalui sugesti yang dibangkitkan dari dalam para penikmatnya yang setelah sugesti itu diperkuan yakni dengan ditanamkan nilai sertasemangat kebangsaan sertajuga nasionalisme.
  • Pelestarian Budaya: Sastra ini merupakan salah satu sarana di dalam melestarikan budaya ialah budaya yang asalnya dari lisan setelah itu diabadikan dengan sebuah tulisan.
  • Sarana Pendidikan: Secara tidak langsung, seseorang yang menikmati sebuah karya sastra itu juga mempelajari nilai, norma dan juga ajaran budi pekerti yang luhur.

Sifat Seni Sastra

Sifat Seni Sastra

Seni ini memiliki sifat dasar individual, perasaan, kreatif,  abadi, serta universal. Pengertian kreatif disini ialah kemampuan seseorang untuk kemudian mengubah sesuatu yang ada menjadi baru serta juga orisinil.

Sifat individual merupakan suatu karya seni itu memiliki ciri perseorangan dari penciptanya. Ciri khas pribadi tersebut yang merupakan identitas dari karya mereka.Seni sendiri memiliki sifat perasaan, pengertiannya di dalam membuat karya seni itu selalu melibatkan emosi serta jiwa.

Oleh karna itu, untuk dapat atau bisamenikmati sebuah karya itu harus menggunakan kepekaan perasaan yang paling dalam.

Itulah berbagai informasi mengenai seni sastra. Semoga bermanfaat.

Yuk Ketahui Lebih Dalam Mengenai Seni Sastra!
Ditag di: