Tips Memilih Seni Bela Diri Yang Cocok

Bela diri adalah salah satu olahraga yang cukup populer untuk dilakukan. Sampai sekarang, sudah ada banyak sekali tempat olahraga yang membuka kelas untuk mempelajari bela diri. Selain itu, ada pula orang yang mempeljaari bela diri agar tubuh mereka lebih bugar serta menjaga diri sampai mencapai jenjang yang kompetitif. Memilih bela diri yang sesuai memang sangat penting kalau kalian ingin bisa menguasainya. Seni bela diri juga bisa dipelajari dengan berbagai kalangan selama mereka bisa mengikuti gerakan yang diajarkan. Ada banyak sekali jenis seni bela diri dari berbagai negara dengan teknik yang beragam. Nah, untuk memilih seni bela diri yang pas, yuk simak di bawah.

1.Lokasi

Lokasi

Sebisa mungkin pilihlah lokasi latihan yang dekat dengan tempat tinggal kalian. Hal ini tujuannya agar kalian bisa segera pulang dan beristirahat sesudah kalian berlatih bela diri. Kalau dekat dengan tempat tinggal, kalian juga bisa datang lebih disiplin dan latihan jadi lebih optimal. Pilih tempat latihan yang dekat dengan rumah juga bisa membuat kalian hemat ongkos.

2.Fokus Pada Serangan

Fokus Pada Serangan

Saat belajar bela diri, ada teknik serangan yang fokus untuk melindungi diri kalian sendiri dari tindakan yang berbahaya. Saat kalian lakukan serangan, kalian bisa gunakan tubuh bagian atas maupun bagian bawah selama kalian melakukannya dengan benar. Kalau kalian tak suka teknik serangan yang fokusnya di bagian atas, maka kalian bisa belajar karate. Kalian juga bisa belajar taekwondo yang fokusnya ke teknik tendangan. Kalau mau belajar menyerang dengan semua bagian tubuh, kalian bisa belajar muay thai.

3.Kompetisi / Kesehatan?

Kompetisi / Kesehatan?

Seni bela diri juga seringkali dijadikan pertandingan untuk kompetisi yang bergengsi. Ada banyak anak muda yang berlatih dengan keras supaya bisa mengikuti kompetisi serta bisa mendapatkan gelar juara. Disaat mau belajar bela diri, pikirkan lebih dulu apakah kalian mau ikut kompetisinya atau Cuma mau mendapatkan manfaatnya saja. kalau kalian orangnya kompetitif, kalian bisa ikut kelas muay thai, taekwondo, maupun MMA karena ada banyak kompetisi yang menggelar olahraga tersebut. Sedangkan kalau Cuma mau berlatih dan menjaga diri, kalian bisa memilih wing chun atau aikido.

4.Harga

Harga

Memilih harga les atau latihan juga harus diperhatikan. Harga yang murah tentu akan meringankan pengeluaran kita. Tapi, perhatikan juga kualitas gurunya ya.

5.Durasi

Durasi

Untuk remaja serta orang dewasa, latihan bela diri yang ideal adalah 2 jam setiap pertemuan dengan total pertemuan 8x dalam sebulan. Konsultasikan pula jadwal kalian ke pelatih supaya bisa mendapatkan jadwal latihan yang tepat, jadi hasilnya juga bisa lebih optimal.

Itulah beberapa tips memilih bela diri yang sesuai dengan kalian. Semoga bermanfaat.

Tips Memilih Seni Bela Diri Yang Cocok