Tips Memilih Seni Bela Diri Untuk Kalian

Sebelum menentukan jenis bela diri yang kalian mau, kalian harus mencari terlebih dulu tujuan kalian mempelajari jenis bela diri yang kalian mau.

Lalu, kalian bisa mencari bentuk bela diri yang sesuai dengan tujuan – tujuan itu dan terakhir memilih kursus dan guru.

Tidak ada seni bela diri yang lebih unggul dibanding yang lain, yang unggul hanyalah ahli bela diri. Setiap seni bela diri punya kekuatan dan kelemahan. Jadi. pilihlah yang cocok untuk kalian.

Lalu, bagaimana cara memilih jenis seni bela diri ini? yuk simak di bawah.

1.Untuk tujuan mempertahankan diri, pelajari jujitsu

Lazimnya seni bela diri dipelajari seseorang agar ia dapat membela diri. Lihat saja Daniel LaRusso. Dia ditindas. Setiap seni bela diri akan mengajarkan cara membela diri. Carilah seni bela diri yang lebih menekankan kepada teknik pertahanan dan melepaskan diri.  

Jujitsu banyak dianggap sebagai seni mempertahankan diri karena memanfaatkan kekuatan lawan serta kekuatan serangan untuk melawan musuh. Artinya, makin kuat atau besar tubuh penyerang, makin mudah ia untuk dikalahkan.

Dalam situasi mempertahankan diri, Anda akan belajar cara menghindar dari serangan arah depan, melepaskan diri dari cengkeraman, dan cepat mengalahkan lawan.

Setiap seni bela diri memiliki tujuan untuk mempertahankan diri, hanya saja sebagian di antaranya lebih konfrontatif dibanding yang lain. Jujitsu menyeimbangkan keduanya.

2.Kungfu menjadikan tubuh sehat

Alasan kedua terpopuler orang berlatih kungfu adalah untuk berolahraga, mengubah lemak menjadi otot, dan memperbaiki koordinasi tubuh.

Setiap seni bela diri punya tujuan ini, tetapi Anda dapat memilih kungfu karena ingin menjadi bugar. Kungfu tepat dipilih untuk melatih seluruh tubuh.

Karena kungfu memaksimalkan postur rendah dan adang yang kuat, tubuh cenderung dilatih secara penuh. Kungfu juga salah satu seni bela diri yang paling disiplin.

Kungfu melatih seluruh otot tubuh, sedangkan seni bela diri lain ada yang menekankan tubuh bagian atas saja atau tubuh bagian bawah saja, serta fleksibilitas.

Jika Anda ingin melatih kekuatan tubuh bagian atas, pelajari tinju barat atau karate Shotokan dari Jepang. Jika Anda Anda lebih kaki Anda dalam kondisi kuat, pilih seni bela diri yang jauh lebih menekankan pada kekuatan dan kelincahan kaki, seperti taekwondo.

3.Naginata membangun rasa percaya diri

Naginata merupakan seni bela diri sekaligus bentuk seni yang mengajarkan etika, rasa hormat, dan percaya diri.

Seni bela diri seperti Naginata dapat membangun rasa percaya diri karena membuka tabir potensi, membentuk otot, dan mengajarkan keahlian baru. Umumnya seseorang pertama kali masuk ke dojo tidak memiliki harga diri atau percaya diri pada diri sendiri.

Jika kalian merasakan hal yang sama, carilah kursus dan guru yang akan membangun kepercayaan diri Anda alih-alih membanting Anda ke matras.

Guru naginata akan berfokus mendorong perasaan dan pengalaman positif. Penguatan yang positif ini menjadi faktor utama Anda mempelajari naginata.

4.Taekwondo akan melatih disiplin serta pengendalian diri

Taekwondo merupakan seni bela diri yang terpopuler di dunia, apalagi sejak diperkenalkan pada Olimpiade 1988.

Banyak orang menganggap taekwondo adalah sebuah bentuk artistik sehingga mengharuskan adanya pengendalian diri yang benar. Anda harus mendisiplinkan diri agar dapat membuat setiap gerakan gemulai, anggun, dan punya tujuan.

Taekwondo dapat menjadi cara yang tepat untuk mengajarkan disiplin dan pengendalian diri (baik kepada anak-anak maupun dewasa) karena begitu banyaknya penekanan pada gerakan dan bentuknya.

Pengalaman belajar seni bela diri secara bertahap dan teratur menuntut rasa disiplin dan pengendalian diri yang tinggi.

Selama belajar, Anda mungkin mengalami hal-hal tak terduga. “Wax on, wax off,” ujar Mr. Miyagi di The Karate Kid. Daniel tidak habis pikir bagaimana dengan memoles mobil dapat membuatnya mahir dalam seni bela diri.

Namun, akhirnya dia tahu bahwa gurunya lebih mengerti. Itu sebabnya Anda harus selalu patuh kepada guru Anda. Dengarkan instruksinya dan rajinlah berlatih. Disiplin akan menjadikan Anda ahli bela diri yang pada akhirnya akan ikut memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk memilih bela diri yang cocok untuk kalian. Semoga bermanfaat.

Tips Memilih Seni Bela Diri Untuk Kalian
Ditag di: