Tips Mahir Dalam Menggambar

Menggambar merupakan keahlian yang ingin ditingkatkan oleh semua orang, namun banyak yang percaya bahwa bakat menggambar merupakan sesuatu yang alami.

Hal ini sama sekali tidak benar. Dengan mata yang awas serta kesabaran, siapa pun pasti bisa menjadi lebih baik dalam menggambar.

Nah, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips agar kalian cepat mahir dalam menggambar.

1.Meningkatkan Keahlian Menggambar Kalian

Meningkatkan Keahlian Menggambar Kalian

Latihan, latihan, latihan. Itulah mantra dari seniman-seniman terkenal di seluruh dunia dan berlatih adalah cara pasti untuk meningkatkan kualitas gambar kalian.

Bahkan hanya menghabiskan beberapa menit sehari untuk membuat sketsa akan mengikat otak dengan karya seni kalian dan membantu kalian mempelajari teknik-teknik baru.

Jika kalian selalu membawa buku catatan kecil, kalian telah membuka peluang untuk menggambar apa pun mulai dari para penumpang dalam bus, pemandangan alam, hingga langit kota yang memukau.

Kalian harus berlatih untuk menjadi penggambar yang lebih bagus, maka buat diri kalian berlatih kapan pun kalian sempat.

Pensil terdiri dari berbagai nilai yang memberi tahu kalian seberapa keras pensil tersebut dan ketebalan goresannya.

Pensil berlabel “H” akan menjadi lebih keras secara progresif dan meninggalkan garis-garis halus samar. Sementara pensil berlabel “B” cocok untuk membuat garis-garis tebal yang lebih gelap.

Gunakan beberapa halaman dari buku sketsa kalian untuk bereksperimen tentang cara pensil tersebut dalam mengeluarkan warna, cara jari-jari kalian atau tisu membaurkan warna bersama-sama dan cara untuk mengarsir bentuk bola sederhana.

Kalian harus mengerti cara kerja alat-alat kalian untuk meningkatkan kualitas gambar dan gunakan pensil yang benar untuk garis yang tepat.

Meskipun banyak seniman muda yang merasa seolah dapat mengajari cara menggambar kepada diri mereka sendiri, ada beragam teknik yang hanya bisa dipelajari dari guru berpengalaman.

Habiskan waktu kalian untuk berlatih membuat perspektif, proporsi dan menggambar dari model hidup. Waktu yang dihabiskan di studio seni dengan seorang guru seni dapat membantu kalian menemukan kesalahan dan memperbaikinya lebih cepat dibanding jika kalian mencoba sendiri.

Walaupun kalian memang tidak boleh menjiplak pekerjaan seniman lain dan mengakuinya sebagai karya sendiri, kalian dapat mempelajari teknik-teknik berharga dengan menyalin foto atau gambar yang kalian kagumi menggunakan tangan.

Karena foto sudah dua dimensi, kalian akan mengurangi tekanan mental dari mempelajari perspektif dan hanya berfokus pada garis-garis dan sudut.

Menggambar dengan posisi terbalik akan memaksa kalian untuk melupakan soal mencoba membuat gambar itu terlihat benar dan sebagai gantinya mendorong kalian untuk menggambar apa yang sebenarnya kalian lihat.

Kalian dapat mendapatkan hasil yang serupa dengan menggambar melalui cermin atau berlatih dengan gambar-gambar yang terdistorsi atau diedit dengan Photoshop.

Menggambar kontur-kontur yang akurat butuh lebih dari sekadar melihat-lihat foto secara online. Para seniman terbaik dan guru-guru seni mencurahkan perhatian mereka ke dalam buku-buku, contoh-contoh di kehidupan nyata dan berbagai kajian untuk memahami garis-garis yang mereka buat.

Meski begitu hal ini tergantung pada jenis gambar yang kalian kerjakan. Semua seniman bisa memanfaatkan waktunya saat tidak sedang menggambar sesekali.

Boneka-boneka kecil yang berdiri ini memiliki banyak sendi yang dapat kalian gerakkan ke posisi-posisi tertentu dan memiliki proporsi tubuh manusia yang sempurna.

Karena itu, boneka seni kayu dapat berguna ketika kalian mencoba menggambar pose-pose yang rumit. Cukup letakkan boneka ke posisi yang tepat dan gunakan untuk membuat sketsa gambar kalian dan tambahkan detail karakternya belakangan.

2.Menyempurnakan Gambar Kontur

Menyempurnakan Gambar Kontur

Kontur adalah garis luar dari gambar-gambar kalian. Pada tahap ini belum ada pembauran (blending) dan pengarsiran (shading), hanya ada garis.

Menggambar garis-garis kontur yang bagus penting untuk gambar final kalian, karena pada tahap inilah kalian memberi bentuk dan proporsi pada gambar tersebut.

Hal ini sering diabaikan oleh para seniman pemula yang memilih melompat langsung ke dalam pekerjaannya, namun garis pedoman sangatlah penting untuk mendapatkan gambar yang akurat.

Sebagai contoh, jika kalian menggambar pemandangan besar, mulailah dengan garis-garis samar yang membagi gambar menjadi tiga bagian secara horizontal maupun vertikal.

Kalian akan memiliki empat kotak-kotak kecil di halaman tersebut. Kotak-kotak ini akan membantu membingkai gambar kalian dan memasukkan semua elemen ke tempat yang seharusnya, memberikan kalian titik referensi selagi kalian bekerja.

Nah, itulah beberapa tips menggambar yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat.

Tips Mahir Dalam Menggambar
Ditag di: